Sat. Aug 13th, 2022

Saat kita datang ke restoran yang menyajikan hidangan steak, maka kita akan ditawarkan berbagai hidangan steak pada buku menu. Ada jenis-jenis bagian daging tertentu yang biasa dipakai untuk steak tersebut seperti wagyu, harga daging wagyu ini memang cukup mahal tetapi sangat enak.

Berikut jenis daging yang tersedia pada banyak restoran yang biasa dipakai untuk menu steak.

Wagyu

Daging yang satu ini adalah varian populer daging sapi dari Jepang. Di samping marbling atau tampilan lemak Wagyu ini yang baik, daging Wagyu tersebut lebih putih warnanya dibandingkan dengan daging sapi yang lainn.

Marbling baik yang ada pada daging wagyu membuat Wagyu memiliki tekstur lembut dan tentunya juicy. Tekstur begitu sempurna pada Wagyu hanya bisa kita dapat dari sapi di Jepang lebih tepatnya yaitu sapi yang tak pernah melahirkan.

Produksinya butuh ketelitian tinggi, dikarenakan kualitas Wagyu yang baik, maka daging wagyu harganya cukup tinggi.

Rib Eye

Bagian daging satu ini dari tulang rusuk. Nama lain rib eye yaitu fillet scotch. Tekstur Rib Eye sendiri juicy, bagian ini juga beraroma karena memiliki lemak cukup banyak. Dikarenakan rasanya begitu nikmat, Rib Eye dijual dengan kisaran harga cukup mahal.

Sirloin

Jenis daging steak ini umum ditemukan pada banyak restoran. Daging sirloin adalah daging yang letaknya di bagian bawah iga serta di luar bagian tenderloin. Bagian sirloin tidak selembut atau tidak lebih beraroma dibandingkan jenis daging steak lain.

Tetapi harga daging sirloin ini terjangkau dengan rasa nikmat sehingga membuat daging ini disukai banyak orang. Supaya sirloin bertekstur baik, disarankan tidak menggunakan suhu tinggi supaya tidak kering.

Tenderloin

Tidak kalah saing dengan sirloin, tenderloin juga merupakan menu yang sering ada di restoran steak. Daging ini berasal dari bagian tengah dan daging tenderloin tak mengandung lemak terlalu banyak.

Meski tidak mengandung begitu banyak lemak, tenderloin memiliki tekstur cukup empuk. lembut dengan lemak lebih sedikit, membuat harga tenderloin lebih mahal jika dibandingkan sirloin. Kalau di restoran, daging tenderloin biasanya terjasi dengan ukuran lebih kecil.

By Fanynur